Median Jalan Disepanjang Pelabuhan Semayang

July 2, 2008

Rencana Dinas Perhubungan kota Balikpapan untuk memasang median jalan di sepanjang Pelabuhan Semayang segera terealisasi. Hasil rapat koordinasi yang diadakan Dishub bersama sejumlah instansi di Semayang, median jalan yang terbuat dari kasting blok itu akan dipasang mulai dari depan pintu masuk terminal peti kemas baru (kini sedang dibangun) hingga depan Kantor Administrator Pelabuhan Semayang.

“Kita sedang nunggu kepastian dari Pelindo memasang beton blok ini, karena pengadaan kasting blok ini akan ditanggung Pelindo,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub Balikpapan, Abdul Razak, Rabu (12/3). Namun demikian, yang hingga kini masih menjadi kendala adalah, untuk area perputaran kendaraan di kawasan itu adalah keberadaan pos masuk Jl Minyak. Sehingga Dishub akan melayangkan surat kepada pihak Pertamina dan kepolisian untuk menggeser pos yang hingga kini belum dioperasikan.

Dengan adanya median jalan itu, maka kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Semayang dan akan menuju ke arah kota bisa berputar di belokan depan Markas Lanal Balikpapan. Pada tahap uji coba ini, median jalan akan dipasang tidak secara permanen. Bila dalam uji coba satu bulan ini berhasil, maka kasting blok yang akan dipasang sepanjang 646,4 meter ini akan dipermanenkan.

Sedangkan Kasting blok ini tidak dipasang tepat di tengah jalan, melainkan lebih dekat ke sisi permukiman atau hutan kota di depan Semayang. Hal itu dilakukan untuk menghidari kendaraan yang memarkir mobil sembarangan, dan bisa mengganggu kelancaran lalu lintas di kawasan itu.

Sehingga diharapkan setelah dipasang median jalan ini, tidak ada lagi truk atau kendaraan lain yang parkir di sepanjang jalan, melainkan di tempat yang telah disediakan seperti tepat di depan Pelabuhan Semayang. “Tapi area parkir di depan Semayang itu khusus untuk kendaraan kecil yang antar jemput penumpang, kalau truk besar tidak boleh parkir di area itu,” ujar Razak.

Larangan parkir ini juga berlaku untuk kendaraan yang biasa mangkal di tepi pantai dekat terminal Pelabuhan Chevron. Rapat koordinasi yang diadakan di Ruang Rapat Kantor Dishub itu dihadiri beberapa instansi seperti PT Pelindo, Adpel Pelabuhan Semayang, KP3, Pertamina, Samsat, dan Satpol PP.(joi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: