Agustus Tenant Mulai Didekorasi Pasar Baru Square

July 19, 2008

Naiknya semua harga material yang mencapai 30 persen membuat beberapa proyek pembangunan sedikti terhambat. Belum lagi cuaca buruk membuat pengiriman dari luar terhambat. Tapi hal-hal itu tidak berdampak bagi PT Hasta Kreasi Mandiri, pengembang Pasar Baru Squere (PaBas).

Proses pembangunan Pabas terus berjalan dan diklaim bisa mencapai target. Demikian disampaikan Project Manager PaBas, Oktavianus Susilo, Sabtu (19/7) kemarin.

Meskipun kenaikan mencapai 30 persen, proses struktur telah rampung 95 persen. Sebelum kenaikan, harga beton Rp 730 ribu per kubik, sekarang naik menjadi Rp 995 ribu per kubik. Sedangkan besi dari harga Rp 6.150 per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram.

“Belum kenaikan yang lain. Tapi kita optimis sanggup menyelesaikan. Karena bulan Agustus tahun ini, para pemilik tenant asal Jakarta mulai mendekorasi,” terang Oktavianus.

Menurut Oktav panggilan akrab Oktavianus, mechanical electric telah rampung 70 persen lebih. Sementara finishing baru 40 persen. Untuk finishing memang ada hambatan.

“Misalnya untuk dinding biasanya pakai bata, kami ganti dengan precast,”ujar Oktav. Hal ini lanjutnya, karena cuaca sering hujan. Sehingga industri bata tidak bisa memenuhi kebutuhan proyek.

Sementara proses pengiriman sudah bisa diatasi. Lagi-lagi karena cuaca buruk, biasanya pengiriman material cuma 10 hari bisa jadi 3 minggu. Karena pengirimannya menggunakan kapal laut. “Material kami banyak yang dari Jakarta. Mengatasinya sebelum stok habis, kami sudah minta material lagi,” kata Oktav.

Bulan Agustus 2008 nanti, pemilik tenant mulai mendekorasi standnya masing-masing. Diperkirakan akhir Desember PaBas mulai ramai pengunjung. Karena ada 20 tenant asal Jakarta yang meramaikan pusat perbelanjaan ini. Seperti Oke Shop, Optik Melawai, Number 61, International Watch, Watch Line, Optic Tunggal, Global Teleshop dan lain-lain.

Untuk gedung bioskop akhir Desember nanti juga akan mulai di buka 21 Cineplex. Dengan 4 studio dan dilengkapi kantin di bagian lobi, yang memberikan kemudahan untuk berbelanja camilan dan minuman. Masing-masing studio memiliki kapasitas yang berbeda-beda.(*/jaz)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: