Pemkot Bangun Jalan Baru Guna Atasi Kemacetan di Ruas Jalan Utama Balikpapan

August 16, 2008

Meningkatnya jumlah kendaraan di Balikpapan yang diperkirakan mencapai 180 ribu unit untuk roda dua dan 700 unit untuk kendaraan roda empat, telah membuat kondisi lalulintas makin padat. Akibatnya, kemacetan sulit dihindari, sehingga pemkot harus melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kemacetan tadi.

“Untuk mengurangi kemacetan, kami sedang merencanakan pembangunan jalan baru, supaya kendaraan tidak menumpuk di tengah kota,” kata Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan, Ir Tara Allorante MT menjawab Metro di kantornya, belum lama ini.

Menurut dia, pembangunan jalan baru ini antaralain kawasan Jalan Ring Road III, yaitu dari Jalan Mulawarman hingga Kilometer 13 Jalan Soekarno Hatta. Lalu, jembatan lingkar Kampung Baru hingga Kariangau di kilometer 5,5.
“Tujuan kami, untuk memecah kendaraan supaya tidak menumpuk pada jalur-jalur padat lalulintas. seperti di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Achmad Yani, MT Haryono serta arah Rapak hingga Jalan Soekarno-Hatta,” terangnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya sedang merencanakan pembangunan pusat kota kedua di kawasan Kilometer 12 Karang Joang Balikpapan Utara (Balut). ”Untuk pusat kota kedua ini. kami akan bangun laiknya pusat kota yang memilki berbagai fasilitas, seperti terminal angkutan barang, jalan serta berbagai fasilitas yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tuturnya. Bagaimana dengan anggaran pembangunan jalan baru dan pusat kota kedua tersebut? Ia mengaku pihaknya belum bisa memastikan jumlahnya, tapi yang pasti akan dibiayai secara bersama melalui dana APBN, APBD Provinsi dan APBD Balikpapan. “Saat ini kami sedang membuat detail engenering designnya, karena pembangunan ini akan dibantu oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” katanya.(bm-4)

One Response to “Pemkot Bangun Jalan Baru Guna Atasi Kemacetan di Ruas Jalan Utama Balikpapan”

  1. Balikpapaner's Club Says:

    Salute for you…

    Terus siarkan perkembangan kota Balikpapan. Dan kalo boleh usul tolong dong update progress renovasi stadion Persiba yang menelan biaya lebih dari 20 Milyar.

    Best Regard,s
    Jerry Stamber


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: