Balikpapan Kota Termahal di Indonesia

September 16, 2008

Jakarta kota termahal di Indonesia? Ternyata bukan. Kota termahal di Indonesia ternyata adalah Balikpapan. Sementara Bandar Lampung dan Mataram menjadi kota termurah di Indonesia.

Demikian hasil Survei Biaya Hidup 2008 yang dilakukan Mercer Indonesia, seperti dipublikasikan, Jumat (29/8/2008). Survei dilakukan secara serentak di 26 kota utama di seluruh Indonesia selama Juli 2008, atau dua bulan setelah kebijakan kenaikan harga BBM.

Jakarta, ibukota negara sekaligus pusat kegiatan bisnis terbesar di Indonesia, dijadikan kota basis pada survei ini (indeks 100). Kota-kota lain yang disurvei diperhitungkan indeksnya terhadap kota Jakarta sebagai kota basis.

Balikpapan tercatat sebagai kota termahal dengan indeks 107, naik 3 poin dari 104 pada tahun 2006. Sementara Jakarta adalah kota kedua termahal.

Sedangkan kota Bekasi dan Samarinda yang seri di peringkat ke-3 dengan skor indeks 94 diikuti kota Bogor dan Jayapura pada peringkat ke-5 dan ke-6. Kota termurah yaitu Bandar Lampung dan Mataram, keduanya dengan skor indeks 75, berada di peringkat ke 25.

Apabila dibandingkan dengan survei serupa yang dilakukan Mercer Indonesia pada bulan Juni 2006, hasil survei ini memperlihatkan kenaikan angka biaya hidup secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

“Kenaikan biaya hidup ini adalah imbas dari kenaikan BBM pada bulan Mei 2008 selain sebelumnya juga telah ada kenaikan tarif dasar listrik pada bulan Maret 2008. Keduanya dirasakan sebagai penyebab yang sangat signifikan di semua sektor. Selain itu juga ada beberapa kenaikan tarif yang terjadi pada kota-kota tertentu saja, misalnya kenaikan tarif jalan tol di Jakarta pada bulan September 2007,” urai Mutiarawaty Thaher, Information Product Solutions Business Leader PT. Mercer Indonesia.

Kategori biaya hidup yang disurvei mencakup biaya kebutuhan makanan, kebutuhan pokok, transportasi, utilitas, perumahan, pendidikan, kesehatan serta hiburan dan olah raga. Untuk hiburan dan olahraga, indeks Jakarta jauh lebih tinggi dibandingkan kota-kota lain, walaupun secara keseluruhan Jakarta masih berada di peringkat kedua dengan 7 skor di bawah Balikpapan.

Beberapa kota turun peringkatnya dibandingkan dengan peringkat pada survei biaya hidup tahun 2006. Kota Denpasar (skor 80) turun 16 peringkat dari peringkat 8 ke peringkat 24, juga kota Banjarmasin (skor 85) turun dari peringkat 4 ke peringkat 14. Sedangkan kota-kota yang naik peringkatnya adalah Bekasi (skor 94) dari prtingkat 10 di tahun 2006 ke peringkat 3 di tahun 2008, juga kota Medan (skor 89) yang naik dari peringkat 15 ke peringkat 8.

Berikut urutan kota-kota termahal di Indonesia berikut indeksnya:

Balikpapan 107
Jakarta 100
Bekasi 94
Samarinda 94
Bogor 92
Jayapura 91
Pekanbaru 90
Bandung 89
Batam 89
Medan 89
Padang 88
Manado 88
Semarang 86
Palembang 85
Banjarmasin 85
Pontianak 84
Tangerang 84
Cilegon 84
Makassar 84
Jogjakarta 84
Surabaya 83
Jambi 81
Cirebon 81
Denpasar 80
Bandar Lampung 75
Mataram 75

detikFinance Multi-Quote This Message

7 Responses to “Balikpapan Kota Termahal di Indonesia”

  1. PERRY Says:

    Hmm… sebagai warga Balikpapan, saya cuma mau bilang : Selamat Datang di Kota Balikpapan😀

  2. Wulan Says:

    Memang bener!!!
    Kaget gua belanja n beli makanan di Balikpapan,harga sam a kayak di luar negeri tapi mutu n pelayanannya ga setara bahkan ada yang di bawah standard makanan domestik Indonesia. Nggak betah lama-lama di Balikpapan, alamat kantong kempes n bikin bangkrut.


  3. […] pun kota Balikpapan itu sudah ditetapkan sebagai kota termahal di Indonesia (gila! Ngalah-ngalahin Jakarte – kote ibu kote), tinggal di sana itu […]

  4. Mus_ Says:

    hai..
    balikpapan, ya?

    saya link postingan ini di postingan baru saya yaa…

  5. huhu Says:

    prasaan kok gw org bpp liat harganya biasa aja tuh
    masi mahalan jkt lah!
    angka kasar nya tuh kali

  6. Surya Says:

    Pembangunan yg begitu cepat, sungguh luar biasa.
    dari sisi pertumbuhan ekonomi wooww bagus kedepannya.
    dari sisi tenaga kerja pasti, akan banyak menyerap.
    Tapi Pemkot Balikpapan, sedang tertidur pulas…
    lupa dengan tugas nya…. sadar dong…… jangan ambil enaknya saja dari pembangunan…URUS TUH RAKYATMU …MASIH BANYAK YG SUSAH, RUMAH SAKIT DIKASIH TAPI TAMBAH MEMBUNUH YG SAKIT ALIAS Pelayanan untuk pemanis dan kedokmu saja.
    Markup Proyek di PU masih…sering terjadi, sehinga karyawan PU.. wah enak hidupnya, tapi harga proyek jadi mahal,…. uang SAPA ITU… yah yang pasti. bukan uang Bapak2 di PU atau di Pemerintahan, itu adalah uang PAJAK…… he he he,,,.. tilep terus.
    Tidak usah Basa basi, bukan barang baru.. KPK siapkah untuk pekerjaan baru ini. Dalam penyelidikan
    Hati2 sebab polisa di balikpapan lebih parah sebanding dengan mapia hukum, coba bayangkan…semua urusan surat menyurat ada uang pelancarnya, bersalah bayar saja.., kurungan gampang juga kok, wah asal ada uang pasti gampang itulah prinsip2 moral para laksana di kota Beriman ini. Sapa yang bilang tidak.. ah itu org munafiq…

  7. kunbpn Says:

    Pada kenyataannya di Balikpapan, yg kaya makin kaya dan yang miskin makin miskin… ini bener2 terjadi nih… bener2 terjadi kesenjangan sosial. Semoga pemkot & lembaga2 zakat di Balikpapan bisa secepatnya mengatasi masalah ini

    http://www.eminterior.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: