Transportasi Terpadu Balikpapan

November 17, 2008

Satu Bus Angkut 40 Penumpang
Halte Mirip Busway, Awal 2009 Beroperasi

Persiapan pengoperasian angkutan massal berupa bus mini terus dilakukan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub). Tahap awal, 20 unit bus mini akan beroperasi. Satu unit bus akan mampu mengangkut hingga 40 penumpang, berarti untuk 20 unit bus yang akan beroperasi, akan mampu mengangkut total 800 penumpang.
”Kemungkinan akhir Desember ini, 20 unit bus mini itu datang ke Balikpapan dari Jakarta. Jadi kita mulai persiapkan halte dan koridornya masing-masing,” kata Kepala Dishub, Drs Kadarsyah MM didampingi Kepala Seksi Angkutan, Soni Rustanto.
Kepada Post Metro di kantornya belum lama ini, ia mengungkapkan, pihaknya telah menentukan lokasi mana saja yang nantinya akan dibangun halte yakni sepanjang jalan utama, Jl. Jenderal Sudirman dan Jalan Ahmad Yani, serta Jl. Sokerano-Hatta.
Halte tadi tidak sepenuhnya dibangun, ada pula halte yang kini sudah tersedia namun dilakukan renovasi untuk mendukung beroperasinya bus mini.
”Halte itu harus ada setiap 400 hingga 500 meter. Tapi ini masih akan dikondisikan lagi daerah mana yang pantas dibangun, khususnya tempat-tempat yang banyak penumpang,” terang Soni Rustanto.
Dia memastikan, program angkutan massal atau secara resmi dikenal sebagai Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) ini telah melewati kajian dari badan independen Lembaga Kerjasama Fakultas Teknik Transportasi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Kajian secara teknis dilakukan terhadap kelaikan pengembangan angkutan umum massal yang cocok diterapkan di Balikpapan.
Lebih lanjut Soni Rustanto menerangkan, nantinya akan dibangun tiga koridor bus SAUM yakni koridor satu memiliki jalur angkutan dari Km 8 Soekarno-Hatta menuju Krang Anyar hingga Jalan Letjen Soperapto. Sedangkan jalar dua mulai dari Km 8 Soekarno-Hatta menuju Muara Rapak, Gunung Sari, Plaza Balikpapan hingga kawasan Ruko Bandar Klandasan.
”Untuk koridor terakhir jurusannya mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Yos Sudarso, Muara Rapak, Karang Anyar, Gunung Sari dan kembali menuju Jenderal Sudirman. Begitu sebaliknya, angkutan massal terus berotasi sesuai jalurnya,” papar Soni.
Di setiap koridor, ia mengatakan, akan dibangun semacam tempat berputarnya bus, dan sepanjang jalur yang dilalui dibangunkan halte setinggi 70 cm, seperti yeng terlihat pada halte busway. Hanya saja, jalur bus mini tersebut tetap menggunakan jalan umum biasa. Jadi tidak ada jalur khusus seperti busway seperti di Jakarta. Hal ini dikarenakan adanya penyesuaian sistem angkutan umum massal yang di dasarkan atas kondisi geografis Kota Balikpapan, mengingat struktur wilayahnya tidak rata seperti kota lain.
”Ini bukan busway, hanya angkutan bus biasa. Kalau di Balikpapan belum tepat diberlakukan sistem angkutan bus way, karena jalurnya yang naik turun gunung berbeda dengan Jakarta,” tandas dia.
Soni menambahkan, bus mini sebanyak 20 unit yang akan beroperasi di awal tahun 2009 merupakan bantuan dari pemerintah pusat atas prestasi Kota Balikpapan meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) bulan Februari lalu, melalui Dirjen Perhubungan Darat Departemen Perhubungan Pusat.
Sopir angkutan kota (angkot) tidak perlu khawatir dengan bakal beroperasinya 20 unit bus mini karena pihak terkait akan dilibatkan dalam bentuk konsorsium melalui wadah sopir dan pengusaha angkot seperti Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda), Forum Komunikasi Pengemudi Angkot Balikpapan (Forkopab), Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) dan lainnya.
“Kalau masalah jumlah sopir yang direkrut dan berapa angkot yang diputihkan, kita belum dapat memastikan, karena masih dalam pembahasan. Yang jelas, penumpang yang bisa diangkut setiap busnya sekitar 30 sampai 40 orang,” pungkas Soni.(die)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: