Balikpapan-Kuala Lumpur dan Balikpapan-Singapura

January 14, 2009

Ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat Balikpapan yang ingin berpergian ke luar negeri khususnya ke Malaysia Kuala Lumpur dan Singapura. Pasalnya, maskapai penerbangan Air Asia tahun 2009 berencana akan membuka dua rute baru diantaranya Balikpapan-Kuala Lumpur dan Balikpapan-Singapura.

Hal ini diungkapkan President Director Air Asia, Dharmadi, di Hotel Grand Tiga Mustika, belum lama ini. Dharmadi mengungkapkan, alasan membuka dua rute ini, karena ingin menghubungkan antara dua negara dan sekaligus mempercepat akses perjalanan. “Sebab selama ini bila menuju Kuala Lumpur, harus terlebih dahulu menuju Jakarta, setelah itu Kuala Lumpur, tentunya ini memakan waktu yang agak cukup lama. Tapi dengan rute ini, dapat hemat waktu,”katanya.

Jika dibukanya dua rute tersebut, Dharmadi mengaku dapat membantu meningkatkan potensi pariwisata di Balikpapan dan beberapa daerah di Kaltim. “Nantinya para wisatawan Balikpapan jika ingin berangkat ke Kuala Lumpur tak perlu lagi transit ke Jakarta, bisa langsung dari Balikpapan,” imbuhnya seraya mengatakan, rencananya nanti pesawat yang akan dipakai untuk penerbangan langsung Balikpapan- Kuala Lumpur, dan Balikapapan-Singapura dengan menggunakan pesawat Airbus yang berkapasitas 180 tempat duduk.

“Kita harapkan tahun 2009, kedua rute ini segera teralisasi,” ungkapnya.

Selain membuka rute, maskapai penerbangan paling hemat ini, berencana mengganti pesawat, dari boeing 737 ke Airbus. “Dari 12 pesawat boeing 737 yang kita miliki, 5 pesawat akan kita ganti Airbus. Bahkan untuk rute Balikpapan- Jakarta sudah menggunakan Airbus. Kami ganti, karena ingin memberikan pelayanan yang nyaman dan aman kepada konsumen,” ujarnya.

Sekadar diketahui untuk penerbangan pesawat Air Asia, rute Balikpapan-Jakarta dan Jakarta Balikpapan, dalam sehari hanya satu kali penerbangan. Yakni Balikpapan-Jakarta pukul 10.00 Wita, dan Jakarta-Balikpapan pukul 06.30 Wib.

Disinggung mengenai krisis global, Dharmadi mengatakan, bisnis penerbangan tetap eksis. “Malahan ini menguntungkan kita yang rutenya di Asia. Mereka yang biasanya berlibur keluar negeri seperti ke Amerika, dan negara eropa lainnya, akan lebih memilih berlibur di negara Asia. Seperti Thailand dan Kuala Lumpur. Apalagi kita menawarkan harga tiket promo liburan yang hemat,” pungkasnya

2 Responses to “Balikpapan-Kuala Lumpur dan Balikpapan-Singapura”

  1. nyoto Says:

    Saya senang sekali mendengar kabar akan dibukanya kembali rute airasia balikpapam – kl yg baru, yg sebetulnya rute ini pernah dijalankan oleh airasia selama lebih-kurang selama 3 bulan pada tahun 2005 atau 2006 (lupa persisnya). Yang jelas waktu itu kami sekeluarga sempat menikmati rute airaisa kl-balikpapan tsb pergi-pulang.
    Mudah2an rute tsb segera bisa terrealisasikan tidak lama lagi, sehingga mudah bagi kami utk tengok anak-cucu yg tinggal di balikpapan.

    nyoto-kualalumpur

  2. pratama Says:

    kapan dibuka penerbangannya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: